Thursday, February 9, 2023

Kembali ke Dasar Kopi Es Seduh Panas

 Kembali ke Dasar Kopi Es Seduh Panas

Sangat mudah menemukan resep es kopi; coba aja cari di internet dan... ta-dah!

     "Isi gelas tinggi dengan es dan tuangkan kopi favoritmu."
     "... kopi dibuat dengan air mendidih dan langsung disaring melalui es."

     "... menuangkan kopi yang diseduh biasa di atas es."

Tampaknya sangat sederhana! Anda hanya perlu menyimpan es batu di freezer Anda!

Sebenarnya ini adalah prinsip metode hot brewed atau, menurut orang lain, Metode Jepang. Itu mungkin berasal dari Jepang (tetapi saya tidak menemukan sumber yang benar-benar dapat diandalkan untuk informasi ini). Banyak orang - khususnya di AS - menyukai es kopi jenis ini, terutama karena mereka kecanduan rasa kopi yang disaring dan tipuan isi ulang cocoa roaster. Selain itu, sudah menjadi kebiasaan umum di seluruh dunia untuk menikmati es kopi panas dengan berbagai tambahan: susu, krim, gula, kayu manis, vanila, coklat, es krim dan almond atau kacang tanah atau bahkan dengan kapulaga. . Ini memang ide yang sangat bagus; namun, dalam artikel ini, keprihatinan kami terletak pada bagaimana menghindari kekecewaan dari pencucian kopi daripada meningkatkan cita rasa kopi dan menghiasi gelas itu sendiri dengan rasa, warna, dan tekstur cair.

Mari tunjukkan satu per satu langkah persiapan dasar, perhatikan beberapa detail yang diperlukan:

1. Siapkan kopi bubuk saring rasa favorit Anda.

TAPI tidak seperti biasanya! Anda harus menggandakan kekuatannya. Kalau tidak, itu akan sangat berair, lemah dan tentu saja sama sekali tidak berasa. Ini berarti Anda harus menggunakan setengah dari air panas yang biasanya dituangkan di atas bubuk kopi, karena setengah air lainnya berasal dari es batu yang meleleh. Untuk kasus ini, penting untuk mencegah campuran menetes keluar dari corong filter, hanya untuk beberapa menit. Biarkan air panas memenuhi setiap butiran kecil bubuk kopi. Berikan air beberapa saat untuk mengeluarkan semua asam alami dan minyak halus dari kopi, untuk mencapai rasa penuh dan aftertaste yang begitu berharga dari kopi pilihan Anda.

2. Taruh es batu di wadah kopi atau di gelas tinggi.

Perlu diketahui bahwa gelas tinggi yang penuh dengan es batu berubah menjadi air yang mengisi hingga 1/2 atau 3/5 gelas yang sama, karena bergantung pada dimensi es batu. Saya telah mengujinya dengan cetakan es yang berbeda (bahkan dengan yang berbentuk penis!) dan es yang meleleh selalu menghabiskan, kurang lebih, setengah gelas. Jika Anda menggunakan wadah untuk mendinginkan kopi panas, maka jangan lupa menyimpan beberapa es batu untuk sajian terakhir di dalam gelas. Untuk memperkaya konsentrasi minuman akhir, Anda juga bisa menggunakan es batu kopi yang dibuat dengan kopi yang benar-benar kental. Beberapa orang menggunakan sisa kopi hari sebelumnya, tetapi saya tidak merekomendasikannya. Seringkali, mereka terbakar dan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap.

3. Biarkan kopi panas yang diseduh meresap perlahan di atas es batu.

Tergantung pada perangkat pembuat kopi Anda, kopi panas dituangkan di atas es saat rebusan siap, atau diteteskan langsung ke es batu. Jika Anda bermaksud menggunakan mesin kopi Anda (seperti pembuat espresso/cappuccino), perhatikan bahwa biasanya tidak ada cukup ruang di piring pembuat kopi untuk gelas tinggi berisi es. Selain itu, jika Anda menggunakan mesin tetes elektronik (di mana air mendidih disemprotkan ke tanah), percuma saja meletakkan es batu di bejana yang dihangatkan oleh pelat pemanas. Dua sistem penyeduhan di atas meminta Anda untuk meneteskan sendiri kopi panas ke dalam gelas.

No comments:

Post a Comment